Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya pada Kasus Kartu Kredit Mandiri

February 26th, 2014 Surat Pembaca
Advertisement

Wah kalo ngebahas tentang Contoh Surat Pembaca, tentu sangat beragam yhaa. Karena surat pembaca ini sangat bebas disampaikan oleh setiap orang. Kali ini kita coba membahas tentang contoh surat pembaca dan tanggapannya yang berhubungan dengan kasus pelayanan publik berupa Kartu Kredit.

Pengertian Surat Pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca surat kabar/koran, tabloid, majalah atau media online, yang ditampilkan pada media penyampain informasi tersebut.Isi dari contoh surat pembaca ini adalah tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain.

Pada umumnya surat pembaca ini lebih banyak berisi keluhan. Nah, tujuan dari surat pembaca ini biasanya adalah untuk menyampaikan keluhan tersebut ke pihak yang bersangkutan.Keluhan tersebut bisa berisi tentang ketidakpuasan terhadap suatu layanan yang diberikan oleh perusahaan.

Sebagai penerima surat pembaca yang baik, seharusnya pihak yang merasa bertanggung jawab atas keluhan pada surat pembaca tersebut menanggapi dengan serius. Yaps karena ini akan berpengaruh pada citra dan nama baik yha..

Kasus yang cukup besar yang berawal dari contoh surat pembaca baru-baru ini adalah kasus Patwal Presiden SBY yha. Kasus itu bermula dari kiriman surat pembaca Bpk Hendra NS melalui media Kompas tanggal 16 juli 2010. Dari surat pembaca yang berjudul ‘Trauma oleh Patwal Presiden’ tersebutlah kasus ini menjadi sangat populer dan ramai dibicarakan oleh masyarakat umum. Presiden SBY pun mengambil beberapa tindakan mengenai kasus ini.

Pada Contoh Surat Pembaca kali ini, kasus yang kita bahas kali adalah mengenai Keterlambatan Pengiriman Kartu Kredit Bank Mandiri.

Saya pemegang kartu Mandiri dengan nomor kartu 4137190304995***. Saya sangat kecewa sekali dengan layanan Bank Mandiri. Khususnya di bagian kurir. Dikarenakan tanggal 15 Januari 2014 kartu sudah dikirim ke alamat kantor saya.

Namun anehnya tanggal 23 Januari 2014 kartu diretur dengan alasan saya sudah resign. Dan saya tidak dikenal namanya. Ini yang tidak bisa mencari kurirnya ataukah memang sengaja tidak dicari saya? Sudah tanyakan ke pada rekan saya yang di kantor. Dan informasi yang saya dapat ternyata memang tidak ada kartu datang ke kantor atas nama saya.

Kemudian tanggal 30 saya mencoba untuk menanyakan ke card centre cabang Surabaya dan diinformasikan sama. Lalu saya menungu dan menunggu tanggal 13 Februari 2014 saya menghubungi Mandiri call untuk perihal kartu saya yang belum saya terima ini kelanjutanya bagaimana. Malah saya disuruh buat suart kuasa jika meninggalkan kantor.

Ini tidak efesien. Karena kartu saja belum saya terima. Ini bagaimana kelanjutannya kartu saya. Mudah-mudahan dengan adanya surat yang saya kirim ke Kompas.com saya mendapatkan informasi yang detail mengenai posisi kartu saya.

Terima kasih, Kompas.com sudah menayangkan keluhan saya.

ahmad farisal nurdiansah
kauman ix/ 20 kampung dalem kota kediri

Contoh diatas merupakan contoh surat pembaca yang dimuat dalam harian kompas.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat contoh surat pembaca adalah:

  1. Gunakan bahasa yang sopan. Yha walaupun hati kesal ketika menulis surat ini, tapi sebisa mungkin gunakan kata-kata yang sopan dan tidak kasar yhaa.
  2. Sebelum mengirimkan surat pembaca yang berisi keluhan, sebaiknya usahakan terlebih dahulu menyelesaikan permasalahan Anda dengan menghubungi langsung pihak yang bersangkutan. Apabila sudah berkali-kali menghubungi pihak tersebut melalui berbagai media tetap juga tidak mendapat jawaban barulah berfikir untuk menuliskan surat pembaca.
  3. Siapkan bukti yang akurat dan sesuai dengan keluhan anda. Menyampaikan keluhan tanpa bukti yang jelas malah dapat merugikan diri sendiri. Karena bisa berhubungan dengan pencemaran nama baik.
  4. Sampaikan dengan jelas identitas Anda, tujuan surat pembaca, layanan yang Anda keluhkan dan identitas anda pada layanan tersebut.

Advertisement

Contoh Tanggapan dari surat pembaca di atas seperti yang juga termuat dalam harian kompas.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan Bapak Ahmad Farisal Nurdiansah dan terima kasih atas masukannya. Dapat disampaikan bahwa kami telah memproses pengiriman ulang Kartu Kredit Mandiri Bapak, diharapkan Kartu Kredit Mandiri tersebut dapat diterima paling lambat tanggal 26 Februari 2014.

Apabila Bapak tidak berada di tempat, kami mohon kesediaannya untuk meninggalkan surat kuasa penerimaan kartu beserta fotocopy KTP. Adapun surat kuasa penerimaan kartu tersebut untuk menghindari penyalahgunaan kartu oleh pihak lain.

Jika ada pertanyaan ataupun saran yang ingin disampaikan, dapat menghubungi Customer Service melalui layanan 24 jam Mandiri Call 14000 atau melalui website www.bankmandiri.co.id dengan memilih menu contact us atau langsung melalui email customer.care@bankmandiri.co.id.

Nixon L. P. Napitupulu
Plaza Mandiri 3rd Floor

Oke demikian tadi Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya pada Kasus Kartu Kredit Mandiri yang bisa dijadikan contoh dalam membuat surat keluhan ke media cetak yha..

Atau juga bisa kalo mu buat mengerjakan tugas sekolah atau kuliah.. hahay..

Screen Shot Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya

Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya

Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya di atas ini merupakan surat pembaca resmi yang tampil di Harian Kompas dengan alamat: http://inside.kompas.com/tanggapan/read/42737

Jika Contoh Surat ini berguna untuk Anda, berikan kontribusi kepada kami dengan membagikan contoh surat ini di sosial media melalui tombol share di sebelah kiri artikel ini. Berikan juga komentar Anda melalui facebook comment box di bawah ini.

Silahkan COPY / SALIN sebagian atau seluruh konten dari artikel ini. Namun jika akan dipublish kembali pada blog Anda atau forum yang Anda Ikuti, KAMI MOHON sertakan link http://contohsuratindonesia.com/contoh-surat-pembaca-dan-tanggapannya/ sebagai sumbernya. Mohon Hargai usaha kami dengan tidak mengcopy-paste artikel kami seenaknya. Terima Kasih :)



Berikan Komentar Anda untuk Contoh Surat Pembaca dan Tanggapannya pada Kasus Kartu Kredit Mandiri

Advertisement

solusi ketiak basah

Stat: Contoh Surat Indonesia


Advertisement



Advertisement