Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah atau Sewa Rumah

October 12th, 2012 Surat Perjanjian
Advertisement

Untuk Anda yang ingin mengontrak rumah, atau malah mungkin yang mengontrakkan (yg punya rumah) sebaiknya gunakan Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah atau Sewa Rumah ini sebagai bagian dari kesepakatan kontrak atau sewa rumah.

Mengapa harus menggunakan  Surat seperti ini..??
Mungkin sebagian orang bilang, “ah ribet” atau “percaya sama-sama percaya aja deh” atau “ah takut ah”. Hmmh yha itu alasan klasik masyarakat kita pada umunya kalo udah berurusana sama yang namanya surat perjanjian, apalagi kalo ada materainya.. hooh

Sebenarnya tujuan dari Surat Perjanjian ini adalah untuk memberikan kekuatan hukum atas kesepakatan yang dilakukan oleh kedua belah pihak, jadi apabila terjadi pelanggaran-pelanggaran yang tidak sesuai dengan isi perjanjian, maka salah satu pihak yang dirugikan dapat melakukan tuntutan hukum. Walaupun jarang terjadi, setidaknya dengan surat ini, kedua belah pihak tentu akan merasa takut untuk melakukan pelanggaran terhadap isi dari surat perjanjian tersebut.

Okeh, ini contohnya gan:

SURAT PERJANJIAN SEWA/KONTRAK RUMAH

Pada hari ini, tanggal (tanggal, bulan, tahun), kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama             : …………………………….
Alamat           : ……………………………. (sesuai KTP)
No. kontak       : …………………………….

Dalam hal ini, bertindak untuk dan atas namanya sendiri. Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama             : …………………………….
Alamat            : …………………………….
Pekerjaan        : …………………………….
No. kontak       : …………………………….

Dalam hal ini, bertindak untuk dan atas namanya sendiri. Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Dalam hal ini, PIHAK PERTAMA menyewakan/mengontrakkan rumah tinggal kepada PIHAK KEDUA dengan spesifikasi, yaitu sebuah bangunan, dinding batu bata, atap genteng, lantai keramik, berikut aliran listrik, air PAM, dan sambungan telepon yang beralamat di Jln. .……. (alamat rumah yang disewakan).

Sewa tersebut dilangsungkan dan diterima dengan harga Rp…………….,- selama satu tahun. Terhitung mulai tanggal ………. s/d ………… Uang sewa telah dibayarkan secara tunai oleh PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA.

Dengan demikian PIHAK KEDUA sebagai pengontrak bersedia mematuhi hal-hal di bawah ini:
1.    Rumah yang disewakan tidak dijaminkan atau digadaikan untuk pelunasan suatu hutang oleh PIHAK KEDUA.
2.    Rumah yang disewa tidak disewakan lagi kepada orang lain.
3.    PIHAK KEDUA wajib memelihara dan memperbaiki kerusakan-kerusakan rumah yang disewa selama masa kontrak.
4.    Rumah yang disewakan tersebut sebagai rumah tinggal. Apabila di kemudian hari dipergunakan untuk hal-hal yang dapat menyalahi atau melanggar hukum, di luar tanggung jawab PIHAK PERTAMA.
5.    Tidak diperbolehkan menambah  atau mengurangi bangunan tersebut kecuali ada kesepakatan atau persetujuan dari PIHAK PERTAMA.
6.    Apabila dikehendaki dan disepakati oleh kedua pihak, PIHAK KEDUA dapat memperpanjang kontrak/sewa dengan harga sewa dan syarat-syarat yang akan ditetapkan kemudian secara musyawarah dan mufakat sekurang-kurangnya dua bulan sebelum masa sewa berakhir.
7.    Apabila perjanjian sewa-menyewa ini berakhir, PIHAK KEDUA harus mengembalikan rumah tersebut dalam keadaan kosong, rekening listrik, air (PAM), dan rekening telepon telah dilunasi serta terpelihara baik, tepat pada waktunya kepada PIHAK PERTAMA.

Demikian surat perjanjian ini dibuat atas persetujuan kedua pihak, yaitu PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA, secara musyawarah dan mufakat serta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Surat perjanjian ini ditandatangani dalam rangkap 2 (dua), keduanya mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Bandar Lampung, 12 Oktober 2012

PIHAK PERTAMA

(Nama lengkap yang menyewakan)

PIHAK KEDUA

(Nama lengkap penyewa)

Saksi-saksi:

  1. Bpk. Margono (Ketua RW 05 Beringin Raya)                        (………………………..)

 

  1. Bpk. Tumijan (Ketua RT 02 Beringn Raya)                           (………………………..)

 

  1. Bpk. SBY (tetangga rumah)                                                   (………………………..)

 

 

*ket (jangan ikut di print): tempelkan materai 6000 di tengah tengah antara pihak pertama dan kedua kemudian bubuhi tanda tangan dan kedua tanda tangan harus mengenai materai tersebut. Untuk memperkuat surat perjanjian ini juga sebaiknya ada saksi yang ikut mengetahui dan  menandatangani srat perjanjian kontrak rumah ini.

Advertisement

Mau tampilan yang lebih rapih biar mudah ngeditnya n bisa langsung di print seperti ini..??

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah atau Sewa Rumah
Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah atau Sewa Rumah

Download Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah atau Sewa Rumah

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah atau Sewa Rumah

*password: contohsuratindonesia.com, Cara Download

Mau liat desain – desain rumah yang keren, cekidot gan: Model Rumah Sederhana

Semoga contoh surat ini bermanfaat untuk Anda. Mau buat surat, buka dulu contohsuratindonesia.com Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah atau Sewa Rumah

Advertisement

Jika Contoh Surat ini berguna untuk Anda, berikan kontribusi kepada kami dengan membagikan contoh surat ini di sosial media melalui tombol share di sebelah kiri artikel ini. Berikan juga komentar Anda melalui facebook comment box di bawah ini.

Silahkan COPY / SALIN sebagian atau seluruh konten dari artikel ini. Namun jika akan dipublish kembali pada blog Anda atau forum yang Anda Ikuti, KAMI MOHON sertakan link http://contohsuratindonesia.com/contoh-surat-perjanjian-kontrak-rumah-atau-sewa-rumah/ sebagai sumbernya. Mohon Hargai usaha kami dengan tidak mengcopy-paste artikel kami seenaknya. Terima Kasih :)

Tags:


Berikan Komentar Anda untuk Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah atau Sewa Rumah